Wednesday 10 February 2016

Contoh Metode Shaping untuk Membentuk Tingkah Laku

Metode Shaping salah satunya adalah Berenang
Pengenalan air à Latihan Pernafasan à Latihan Melompat dalam Air à Latihan Mengapung di Kolam Renang à Latihan Meluncur di Air à Berenang

ü  Pengenalan air
Agar tidak merasa takut atau cemas karena sebelumnya belum pernah masuk ke dalam kolam renang, anak diajak untuk masuk ke dalam kolam yang lebih dangkal dahulu. Setelah terbiasa, anak mulai diajak ke dalam kolam yang lebih dalam dengan tetap bisa menjejakkan kakinya ke dasar kolam renang.
ü  Latihan Pernafasan
Setelah terbiasa dengan medan kolam renang, anak diajak untuk melatih pernafasannya dengan cara menghirup napas dalam-dalam lalu memasukkan kepalanya ke dalam air. Kemudian, anak disuruh untuk meniupkan napas melalui hidung saat kepalanya masih berada di dalam air lalu mengangkat kepalanya ke atas air dengan membuka mulut untuk mengambil napas. Hal ini dilakukan secara berulang-ulang
ü  Latihan Melompat dalam Air
Anak diajarkan untuk melompat dari pinggir kolam ke dalam kolam renang. Hal ini dilakukan agar anak berkurang rasa takutnya terhadap air dan bisa merasa santai menikmati bermain-main dengan air.
ü  Latihan Mengapung di Kolam Renang
Setelah anak merasa santai dan nyaman dengan air, anak diajarkan untuk secara pelan-pelan mengapungkan tubuhnya di atas permukaan air dengan wajah dan pandangan mata menghadap ke lantai atau dasar kolam renang sambil menahan napasnya. Hal ini dilakukan secara santai.
ü  Latihan Meluncur di Air
Setelah bisa mengapung di air, anak diajarkan untuk meluncur. Hal ini dilakukan dengan cara meyuruh anak untuk mengapung di permukaan air lalu menggerakkan kakinya naik-turun seperti orang yang sedang berjalan kemudian tangannya juga ikut digerakkan untuk menyeimbangkan pergerakannya.
ü  Berenang
Setelah bisa meluncur di atas air dengan menyeimbangkan pergerakan tubuh, tangan, dan kakinya, anak kemudian bisa diajarkan beberapa teknik berenang, seperti teknik berenang gaya bebas atau gaya dada.


No comments:

Post a Comment